Profil Sekolah



Sma Negri 1 Purwareja Klampok yang biasa disebut “SMANSA PERJAKA” ini terletak di JL. Raya Purwareja Klampok, Banjarnegara, Jawa Tengah, Telepon / Fax : <0286> 479092.NIS. 301030402007.





Sma Negeri 1 Purwareja Klampok adalah salah satu SMA di Banjarnegara yang menggunakan kurikulum “MOVING CLASS”. Yaitu proses pembelajaran dengan berpindah-pindah ruangan sesuai dengan mata pelajarannya.  “Murid yang mencari gurunya”. Kurikulum ini persis seperti di Perguruan Tinggi. Dalam hal ini, bukan Guru yang mencari muridnya, namun muridnya yang mencari guru masing-masing. Dan ruangan-ruangan tersebut disesuaikan dengan mata pelajarannya sendiri. Misal : diruangan biologi telah disesuaikan dengan materinya, didalam ruangan itu terdapat alat-alat yang diperlukan siswa untuk belajar materi itu.

Dengan adanya Moving Class ini, siswa akan lebih cepat, mudah, senang belajar di SMA N 1 Purwareja Klampok ini. Dan tidak lama lagi, SMA N 1 Purwareja Klampok akan menggunakan program “AKSELARASI” atau percepatan. Dan kita bisa tamat hanya 2 tahun.

Visi Sekolah :

“BERIMAN, BERTAKWA, BERBUDI, BERPRESTASI, DAN MANDIRI”

Misi Sekolah :

  1. Menumbuhkan penghayatandan pengamalan agama yang dianut, sehingga memiliki iman dan takwa yang kuat.
  2. Menanamkan budi pekerti luhur, serta sopan santun sesuai kepribadian bangsa Indonesia.
  3. Mendorong dan membantu Peserta Didik dalam mengembangkan kreativitas pribadi sehingga mampu mandiri.
  4. Mendorong Peserta Didik mampu bersaing dalam meraih prestasi disegala bidang.
  5. Meningkatkan kesadaran disiplin Peserta Didik dalam rangka mewujudkan Wawasan Wiyata Mandala.

SMA Negeri 1 Purwareja Klampok dipilih oleh Dinas Pendidikan Nasional untuk menuju ke tingkat lebih tinggi. Namun dalam hal ini, SMA Negeri 1 Purwareja Klampok belum resmi 100% menjadi Sekolah Bertaraf Internasional, namun masih harus melalui beberapa tahap. Yaitu yang pertama adalah peninjauan langsung dari pihak Dinas Pendidikan Pusat yang telah dilaksanakan tanggal 19 Maret 2009.

Oleh karena itu, pihak SMA Negeri 1 Purwareja Klampok sedang bekerja keras untuk merapikan struktur, infastruktur yang ada disekolah.

Mulai dari kebersihan yang berkala, memperindah disetiap gedung kelas, merapikan infastruktur yang ada di sekolah, kegiatan-kegiatan, sampai pembuatan profil sekolah secara visual.

Walaupun SMA Negeri 1 Purwareja Klampok bukan ada dikota besar, melainkan di desa, SMA Negeri 1 Purwareja Klampok selalu terdepan. Baik dalam prestasi siswa, prestasi guru dan lingkungan.

Sebelum resmi menjadi status SBI, SMA Negeri 1 Purwareja Klampok akan menjadi status RSBI dahulu. Atau disebut Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. RSBI tersebut harus berjalan selama 5 tahun. Setelah itu baru menjadi status SBI.

Walaupun harus melalui tahap RSBI, kita sebagai siswa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok merasa sangat bangga. Karena walaupun kita beraa di daerah namun akan segera mendapatkan pendidikan dengan kualitas tertinggi.

Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

  • Pengunjung Ke

    Free Web Counter
    Free Web Counter

    Follow

    Komentar Disini!


    ShoutMix chat widget
    free counters

    Klik Aja Iklan Dibawah

    Play List

    Translate Di Sini!

    English French German Spain

    Italian Dutch Russian Brazil

    Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
    Translate Widget by Google